Mau Buka Usaha Tanpa Modal? Mulailah dari Bisnis Dropship –¬†Orang yang mau membuka usaha sendiri biasanya terkendala dengan modal yang perlu disiapkan. Sebenarnya tidak juga. Ada beberapa jenis usaha yang tidak memerlukan modal yang banyak, bahkan tanpa menggunakannya. Salah satunya adalah bisnis dropship. Tidak usah curiga dengan jenis bisnis itu karena kamu memang tidak diharuskan mengeluarkan modal buat mendapatkan konsumen.

Model bisnis ini hanya membutuhkan akses internet dan melibatkan pihak ketiga yang disebut dropshipper. Tugas dropshipper yaitu sebagai penghubung antara penyedia barang dengan orang yang membelinya. Kamu tidak usah pusing-pusing memikirkan pengiriman barangnya karena yang mengirimnya adalah pihak supplier atau penyedia barangnya tapi atas nama dropshipper.

Sebelum kamu memulai bisnis dropship, lebih baik kamu cari informasi lebih dalam mengenai tips dan triknya. Tentunya buat kamu lebih mengerti cara kerja menjalani bisnis model ini. Berikut beberapa tips dari goodbizid.com yang bisa kamu ambil agar usaha kamu berjalan lancar.

Cara kerja bisnis dropship
Cara kerja bisnis dropship

Survei supplier

Setidaknya kamu harus berhati-hati memilih supplier, karena tidak semua penyedia barang bisa kamu percaya apalagi kualitas produknya tidak sesuai dengan harapan. Memilih penyedia barang memang tidak gampang. Kamu harus teliti dan sabar saat kamu memulai melalukan survei ke supplier.

Sebelum memutuskan supplier mana yang akan dipakai, ada poin-poin lain yang perlu kamu pertimbangkan. Misalkan bagaimana kualitas barangnya, apakah ada biaya-biaya tambahan seperti biaya admin, pajak, atau pun asuransi, bagaimana cara pembayarannya, ekspedisi apa yang digunakan supplier, dan yang paling penting adalah ketersediaan barangnya apakah selalu tersedia atau harus menunggu beberapa waktu dulu.

Pastikan semua pertanyaan-pertanyaan itu kamu ajukan ke pihak supplier agar kamu bisa memilih penyedia barang yang tidak abal-abal atau susah diajak kerja sama.

Pilih marketplace

Indonesia memiliki berbagai macam pilihan marketplace yang bisa kamu manfaatkan buat berjualan dropship. Kamu tinggal memilih marketplace mana yang mau kamu gunakan dan ikuti tata aturan pembeliannya sebagai dropshipper.

Masing-masing marketplace punya aturannya sendiri. Ada yang membeli barang seperti biasa dan memilih pembeliannya sebagai dropshipper, atau ada juga yang menyediakan barangnya tapi hanya bisa disediakan untuk marketplace lainnya.

Pastikan kamu tahu masing-masing aturan marketplacenya agar kamu tidak bingung. Tapi lebih baik kalau kamu pilih marketplace yang sesuai dengan target pasar kamu. Jadinya, kamu akan semakin gampang mendapatkan konsumen.

Tanpa modal, bisnis dropship sangat mengutungkan
Tanpa modal, bisnis dropship sangat mengutungkan

Branding

Brand merupakan salah satu investasi yang akan memberikan kamu banyak pelanggan. Buatlah brand yang memiliki tampilan yang menarik, profesional, dan meyakinkan. Tampilan itu akan membuat brand kamu bereputasi baik dan semakin dipercaya banyak pelanggan.

Setelah membuat brand, jangan lupa mempromosikannya. Pilih promosi dalam bentuk marketing digital karena sudah semakin banyak konsumen yang mengandalkan dunia teknologi buat mencari barang-barang yang diincarnya. Carilah informasi mengenai cara pemakaian digital marketing yang tepat, mulai dari SEO, kontennya sampai penggunaan sosial medianya.

 

Pakai aplikasi pendukung

Bisnis dropship membutuhkan banyak hal teknis agar usahanya semakin lancar dan ramai pelanggan. Sebagai dropshipper, kamu perlu memasukan data-data produk yang jumlahnya tentu tidak sedikit ke dalam marketplace. Kamu akan sangat capek kalau kamu memasukannya satu per satu mulai dari foto sampai informasi produknya.

Tapi, dengan memakai aplikasi pendukung, pekerjaan itu akan menjadi semakin gampang. Beberapa developer sudah menyediakan aplikasi khusus yang sangat membantu para dropshipper buat memasukan berbagai macam data produk dalam jumlah yang banyak hanya dengan beberapa klik saja. Beberapa aplikasinya ada yang memberikan biaya gratis berlangganan ada pula yang berbayar mulai dari Rp 50 ribu.

Bisnis dropship sebenarnya termasuk susah-susah gampang, tapi bisa kamu jadikan gampang-gampang susah kalau kamu sudah mengikuti tips di atas. Sangat penting sekali kamu pilih supplier yang benar, memakai marketplace sesuai target pasar, dan menggunakan strategi marketing yang tepat. Bisnis tanpa modal, tidak ada salahnya dimulai sebagai dropshipper kan?